Langsung ke konten utama

Wisata Pulau Pramuka Di Kepulauan Seribu


Salah satu tujuan wisata edukasi terpopuler di Jakarta saat ini adalah tempat wisata gugusan Kepulauan Seribu yang terkenal dengan nama Pulau Pramuka. Pulau Pramuka termasuk ke dalam kelompok Taman Nasional Laut yang berlokasi di Jakarta dan mempunyai luas sekitar 9 hektar yang berada di wilayah kecamatan Pulau Panggang. Selain itu, pulau ini sejak dulu menjadi pusat administrasi dan pemerintahan dari Kepulauan Seribu. Dimana sebagai pusat pemerintahan, tentunya objek wisata di Pulau Pramuka ini diutamakan memiliki fasilitas yang lengkap seperti rumah sakit, kantor polisi, puskesmas, hotel, restoran, lapangan untuk berolah raga, taman hiburan, tempat ibadah, dan sebagainya.


Pantai Pulau Pramuka terkenal memiliki air yang sangat jernih sehingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan asing. Ombaknya tenang sehingga aman dan nyaman untuk berenang di dalamnya. Para pengunjung yang berlibur ke tempat ini suka sekali menghabiskan waktu buat menjelajahi keindahan panorama alam di bawah laut seperti menyelam dan snorkeling. Air lautnya sangat jernih, berwarna biru dan bersih dari kotoran sehingga para pengunjung bisa melihat dengan jelas berbagai macam jenis ikan hias yang berwarna - warni dan terumbu - terumbu karang. Mereka juga bisa bermain di pinggiran pantai dengan anak – anak kecil sambil menikmati kehalusan pasir putih dan berjemur di bawah terik sinar matahari yang hangat.

Jika anda memilih untuk berlibur ke kawasan wisata ini maka jangan lupa untuk mengunjungi tempat penangkaran Penyu Sisik yang langka di Pulau Pramuka. Disinilah para pengunjung akan diajak lebih dekat untuk melihat kehidupan sehari – hari dari Penyu Sisik yang saat ini keberadaannya sangat langka sehingga menjadi hewan yang harus dilindungi di Indonesia. Kemudian buat jadwal khusus untuk mengelilingi seluruh pulau. Pulau Pramuka termasuk sebagai salah satu pulau yang berukuran sangat kecil sehingga hanya membutuhkan beberapa waktu yaitu sekitar satu jam untuk mengelilinginya yang bisa anda lakukan dengan menyewa sepeda dengan harga terjangkau dan bisa ditemukan dengan mudah di area objek wisata ini.

Kelebihan dari pulau ini apabila anda melihat dari sisi popularitas penduduknya merupakan wisata edukasi terpopuler dilakukan saat ini apabila dibandingkan dengan kunjungan liburan ke tempat – tempat wisata lainnya seperti sejumlah pulau resort yaitu Pulau Putri, Pulau Sepa, Pulau Anyer dan Pulau Bidadari meskipun dari sisi fasilitas, di Pulau Pramuka merupakan pulau yang agak terpencil dan kurang lengkap serta tidak semewah di keempat pulau resort tersebut.

Pulau Pramuka adalah pulau yang cocok untuk anda jadikan sebagai tempat wisata keluarga karena banyak alasan seperti yang bisa kami rangkum di bawah ini : biaya wisata yang murah, terdapat banyak pilihan paket wisata, tidak terlalu jauh dari kota Jakarta, lokasinya sangat romantis, terdapat permainan atraksi pantai yang menantang, tempat snorkeling yang indah dan akomodasinya pun cukup nyaman dan aman.

Pengunjung wisatawan lokal maupun asing ke Pulau Pramuka kebanyakan adalah mereka yang datang secara berombongan (yaitu lebih dari 4 orang) karena dengan rombongan akan diperoleh harga paket wisata ke Pulau Pramuka yang lebih murah seiring jumlah peserta wisata yang terlibat di dalamnya semakin besar untuk meramaikan acara rekreasi anda ke Pulau Pramuka ini.

Seperti dijelaskan di atas, Pulau Pramuka berlokasi tidak jauh dari kota Jakarta tetapi berada dalam area yang masih perawan dalam hal keindahan pantainya sehingga membuat Pulau Pramuka menjadi objek wisata terkenal bagi warga Jakarta dan turis asing. Pulau Pramuka setiap hari libur selalu ramai oleh pengunjung wisata (terutama ketika ada liburan akhir pekan atau weekend) dan liburan - liburan nasional lainnya. Selain dikunjungi oleh pelajar, Pulau Pramuka juga sering menjadi tempat berlibur bagi segala lapisan masyarakat, karyawan yang sedang cuti hingga orang tua dengan keluarga mereka dari luar kota (warga Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung dan sekitarnya), sedangkan wisatawan yang berasal dari luar negeri adalah turis Singapore, Hong Kong bahkan dari Eropa.

Pulau Pramuka adalah pusat pemerintahan kabupaten administrasi di Kepulauan Seribu, Jakarta. Dimana jarak yang akan anda tempuh adalah sekitar 2,5 jam dari Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, dengan memakai transportasi kapal rakyat yang harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 30.000,- dalam sekali jalan. Kepulauan Seribu itu sendiri sebenarnya hanya terdiri dari sekumpulan pulau – pulau yang memiliki keindahan pantai begitu mempesona seperti Pulau Bira, Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, Pulau Macan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Pari, Pulau Semak Daun, Pulau Sepa, Pulau Air dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika lelah mengelilingi obyek wisata di pulau ini, maka cobalah untuk mencicipi berbagai macam masakan khas Nusantara dan mancanegara serta makanan ringan lainnya buatan penduduk asli Pulau Pramuka, setelah itu lanjutkan untuk membeli beragam macam cindera mata seperti kerajinan tangan berupa topi, tas, ikat pinggang, batu permata, boneka, sandal dan baju serta pernak – pernik lainnya.
Apabila anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di kawasan wisata ini maka ada banyak hotel dan tempat - tempat penginapan yang bisa anda jadikan rumah untuk bermalam yang aman dan nyaman. Akomodasi terlancar untuk sampai ke pulau ini adalah dengan menyewa kapal kayu bermesin dari Muara Angke. Kapal ini dijadwalkan berangkat pada waktu pagi hari yaitu jam delapan pagi dan jam satu siang. Jika ingin lebih cepat, anda juga bisa menaiki speed boat dari Dermaga Ancol hingga sampai ke Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu.

Pilihan makanan yang tersedia disini dan menjadi favorit wisatawan asing adalah seafood seperti kepiting bumbu asam pedas, udang masak saos sichuan, kerang saos merah, pindang goreng tepung gurih renyah, cumi kecap, nasi goreng seafood, udang cabai saos tiram, dan sajian Nusantara seperti ayam goreng kremes sambal pedas, ikan asin peda dengan campuran sayur petai, sate ayam, rendang daging, gudeg dengan berbagai variasinya, soto ayam, tempe dan tahu penyet, sambal pedas Nusantara, dan yang lainnya. Jika anda ingin mencicipi sajian menarik dari negeri India maka cobalah chana masala vegetarian, nasi biryani pedas, kari telur pedas dengan roti, saag paneer, madras daging domba, atau whole roasted tandoori cauliflower with mint churtney, indian lamb karahi, dan garlic naan panggang.  

Pulau Pramuka merupakan pulau wisata terbesar di Kepulauan Seribu yang sudah banyak dikenal oleh para wisatawan asing seperti turis Jepang dan Eropa. Pulau ini adalah ibu kota dari kabupaten Kepulauan Seribu dimana sekaligus menjadi pusat pemerintahan daerah setempat. Sejak diresmikan pada tahun 2001 sebagai pusat kota kabupaten, mereka terus melakukan benah diri guna meningkatkan segala sarana dan prasaja yang bisa menunjang kegiatan wisata. Tidak mengherankan apabila hingga saat ini Pulau Pramuka menjadi salah satu tujuan favorit wisata edukasi di Indonesia.
Pulau Pramuka pernah tercatat sebagai salah satu jawara wisata di Kepulauan Seribu. Tapi dengan pesatnya perkembangan beberapa pulau sejenis lainnya yang lebih agresif, menjadikan pulau wisata ini berkembang sebagai pulau pilihan alternatif. Sebut saja saingannya adalah Pulau Tidung yang merupakan kawasan wisata baru dikenal oleh umum namun kemampuannya sudah bisa mengungguli Pulau Pramuka dalam hal menarik minat banyak kunjungan wisatawan asing yang jalan – jalan ke tempat tersebut. Maka dari itu, dengan adanya perkembangan teknologi informasi dibidang pariwisata, menjadikan pulau ini selalu bergeliat untuk berlomba menarik minat wisatawan lokal dan asing agar mau kembali kesini berkali – kali buat liburan.

Informasi yang anda perlukan untuk kelancaran acara liburan ke pulau ini adalah lokasi Pulau Pramuka dan harga paket wisata Pulau Pramuka seperti harga paket Pulau Pramuka standar per orang, harga paket Pulau Pramuka speedboat per orang yang dapat anda temukan melalui web site yang mengulas tentang wisata Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu.

Buat jadwal liburan anda ke pulau ini jauh – jauh hari sehingga akan berakhir penuh kenangan. Demikian ulasan singkat dari kami, semoga bermanfaat bagi anda.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Infomasi Umum SNMPTN

Informasi Umum SNMPTN SIMDIK.COM Seperti biasa selalu saja banyak siswa-siswa SMA yang mencari informasi mengenai SNMPTN di penghujung tahun ajaran. Bagi kau yang membutuhkan informasi tentang dunia pendidikan silahkan mengunjungi situs SIMDIK.COM yang berisi berbagai informasi pengumuman SNMPTN. Simdik Com adalah satu-satunya situs yang menyediakan informasi akurat dan terpercaya dan sudah dikunjungi oleh ribuan siswa-siswa sekolah baik SD, SMP dan SMA yang membutuhkan informasi maupun berbagi keluh kesah seputar dunia pendidikan. Jadi apabila anda mencari informasi umum seputar SMPTN, pastikan untuk mengunjungi situs tersebut. Bagi siswa disediakan beragam fitur menarik. Bagi orang tua, situs ini juga memberikan informasi yang akurat. Menurut kabar, SIMDIK.COM yang juga merupakan salah satu penyedia jasa SEO terbaik di Indonesia akan dijual. Tapi kami belum mendapat informasi lebih lanjut tentang hal tersebut. KLIK DISINI UNTUK MEMBUKA SITUS SIMDIK.COM SNMPTN merupaka

Tanda-tanda kita dikunjungi mahluk halus

Tanda-tanda dikunjungi mahluk halus Bagi sebagian masyarakat, penampakan sosok mahluk gaib kerap menjadi fenomena yang menghebohkan. Mahluk gaib memang ada, baik itu malaikat, jin, iblis dan setan, bahkan Tuhan yang kita percaya adalah mahluk gaib, yang harus kita percaya keberadaannya. Namun tidak sedikit dari kita, terkadang kita merasa ada yang mengikuti, melihat, hingga memantau apa yang kita kerjakan. Entah itu saat sendirian, atau sedang bersama keluarga. Dan tempat yang sepi dan gelap, sering diidentikkan dengan berkumpulnya para mahluk gaib. Lalu apa saja tanda-tanda dikunjungi mahluk halus, yang biasanya mempunyai sosok menyeramkan? Berikut penjelasannya: Ada panggilan Biasanya kita sering mendengar sayup-sayup seseorang memamnggil nama kita, tapi tidak ada siapapun di sana. Mungkin ini cara mereka mencoba untuk melakukan kontak dengan energi metafisika anda. Gonggongan anjing Hewan tertentu, biasanya bisa melihat mahluk gaib. Tidak seperti mata kita, mereka ma

Pria tergemuk 412Kg akhirnya mati muda

Pria tergemuk 412Kg akhirnya mati muda Kent -Pria tergemuk di Inggris, Carl Thompson, akhirnya meninggal  di rumahnya di kawasan Dover, Kent, Minggu pagi, 21 Juni 2015.  Kepolisian Kent telah mengkonfirmasi kematian ini. Ambulans, mobil polisi, dan pemadam kebakaran, tampak berada di depan rumahnya. Carl yang baru berusia 33 tahun  kemungkinan terkena serangan jantung. Bahkan sebelumnya dokter telah memperingatkan  kepadanya bahwa ia bisa meninggal jika tidak menurunkan berat badan. Lelaki yang tinggal di fat Dover itu telah menyadari apa yang terjadi  pada dirinya, Pada Mei lalu  Carl  pun telah berpesan kepada banyak orang  agar  menghindari   makanan instan agar tidak seperti dirinya. Rumah Obat Alami jual biolo pelangsing. Setiap hari Carl menghabiskan sekitar 10 ribu kalori. Ia  semakin membabi-buta  makan sejak ditinggalkan oleh ibunya pada 2012 sebagai pelampiasan atas kesedihannya. Carl memang amat dekat dengan ibunya.  Sejak itu pula ia hidup seorang diri di seb