Langsung ke konten utama

Apa yang dimaksud dengan controller level callbacks dalam Juknis DAK SD 2015


Apa yang dimaksud dengan controller level callbacks dalam Juknis DAK SD 2015


Bila kita membaca spesifikasi petunjuk teknis DAK Sekolah dasar 2015, kita akan menjumpai sebuah kalimat yang berbunyi "mempunyai fitur controller level callback" pada satu baris spesifikasinya. Oleh karena itu kami memcoba sedikit membahas mengeni istilah ini.

Controller level callbacks adalah sebuah istilah dalam pemrogramman web berbasis MVC (Model - View - Comtroller).

Biasanya, kemampuan ini dibutuhkan pada web site yang memberikan layanan game online untuk menangkap aktifitas yang dilakukan oleh perngguna sehingga server bisa memutuskan tindakan apa yang harus dilakukan, sederhananya seperti : memutar ulang, stop, menampilkan episode game lainnya, mencatat skor, dan lain-lain. Jadi bisa dikatakan bahwa controller level callbacks dalam pemrogramman MVC adalah kemampuan untuk menerima dan memanggil fungsi-fungsi dari sebuah objek media (biasanya berbentuk file SWF atau FLV) melalui controller.

Interaksi antara controller dengan media bersifat spesifik, jadi harus dibuatkan standar-standar jenis data dan tindakan yang harus dilakukan yang bersifat umum yang harus diikuti dan dipatuhi oleh semua media interaktif  yang akan ditampilkan agar server bisa menangkap dan mengeksekusi pesan yang diberikan.

Bagi programmer MVC, fitur ini adalah standar dan sudah ada pada framework yang digunakan. Framework CodeIgniter dan Angular misalnya, sudah menanamkan kemampuan ini dalam modul helper atau librarynya sehingga pemrogram tinggal memanfaatnkannya pada Controller yang dibuat.

Apabila server diberikan kemampuan untuk menerima upload berbagai media bukan yang dibuat oleh pengembang aplikasi server, maka penyediaan fasilitas ini adalah sia-sia karena pembuat media interaktif pembelajaran belum tentu menggunakan data yang sama atau malah tidak membutuhkan sama sekali fasilitas ini.

Dalam aplikasi pemrograman media pembelajaran atau konten pembelajaran interaktif perpustakaan digital fungsi ini bisa dikatakan tidak terlalu bermanfaat dan diperlukan karena interaksi antara pengguna dengan server lebih terbatas pada kebutuhan PLAY - STOP - dan RESUME.

Jadi menurut kami, penggunaan istilah controller level callbacks pada juknis simdik DAK Sekolah Dasar 2015 mungkin untuk membingungkan tetapi sekaligus blunder, alias kebodohan pembuat spesifikasi yang tidak mengerti istilah komputer sehingga memasukan dan mengakui fitur framework sebagai fitur perangkat lunak e-Content buatannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Infomasi Umum SNMPTN

Informasi Umum SNMPTN SIMDIK.COM Seperti biasa selalu saja banyak siswa-siswa SMA yang mencari informasi mengenai SNMPTN di penghujung tahun ajaran. Bagi kau yang membutuhkan informasi tentang dunia pendidikan silahkan mengunjungi situs SIMDIK.COM yang berisi berbagai informasi pengumuman SNMPTN. Simdik Com adalah satu-satunya situs yang menyediakan informasi akurat dan terpercaya dan sudah dikunjungi oleh ribuan siswa-siswa sekolah baik SD, SMP dan SMA yang membutuhkan informasi maupun berbagi keluh kesah seputar dunia pendidikan. Jadi apabila anda mencari informasi umum seputar SMPTN, pastikan untuk mengunjungi situs tersebut. Bagi siswa disediakan beragam fitur menarik. Bagi orang tua, situs ini juga memberikan informasi yang akurat. Menurut kabar, SIMDIK.COM yang juga merupakan salah satu penyedia jasa SEO terbaik di Indonesia akan dijual. Tapi kami belum mendapat informasi lebih lanjut tentang hal tersebut. KLIK DISINI UNTUK MEMBUKA SITUS SIMDIK.COM SNMPTN merupaka

Tanda-tanda kita dikunjungi mahluk halus

Tanda-tanda dikunjungi mahluk halus Bagi sebagian masyarakat, penampakan sosok mahluk gaib kerap menjadi fenomena yang menghebohkan. Mahluk gaib memang ada, baik itu malaikat, jin, iblis dan setan, bahkan Tuhan yang kita percaya adalah mahluk gaib, yang harus kita percaya keberadaannya. Namun tidak sedikit dari kita, terkadang kita merasa ada yang mengikuti, melihat, hingga memantau apa yang kita kerjakan. Entah itu saat sendirian, atau sedang bersama keluarga. Dan tempat yang sepi dan gelap, sering diidentikkan dengan berkumpulnya para mahluk gaib. Lalu apa saja tanda-tanda dikunjungi mahluk halus, yang biasanya mempunyai sosok menyeramkan? Berikut penjelasannya: Ada panggilan Biasanya kita sering mendengar sayup-sayup seseorang memamnggil nama kita, tapi tidak ada siapapun di sana. Mungkin ini cara mereka mencoba untuk melakukan kontak dengan energi metafisika anda. Gonggongan anjing Hewan tertentu, biasanya bisa melihat mahluk gaib. Tidak seperti mata kita, mereka ma

Pria tergemuk 412Kg akhirnya mati muda

Pria tergemuk 412Kg akhirnya mati muda Kent -Pria tergemuk di Inggris, Carl Thompson, akhirnya meninggal  di rumahnya di kawasan Dover, Kent, Minggu pagi, 21 Juni 2015.  Kepolisian Kent telah mengkonfirmasi kematian ini. Ambulans, mobil polisi, dan pemadam kebakaran, tampak berada di depan rumahnya. Carl yang baru berusia 33 tahun  kemungkinan terkena serangan jantung. Bahkan sebelumnya dokter telah memperingatkan  kepadanya bahwa ia bisa meninggal jika tidak menurunkan berat badan. Lelaki yang tinggal di fat Dover itu telah menyadari apa yang terjadi  pada dirinya, Pada Mei lalu  Carl  pun telah berpesan kepada banyak orang  agar  menghindari   makanan instan agar tidak seperti dirinya. Rumah Obat Alami jual biolo pelangsing. Setiap hari Carl menghabiskan sekitar 10 ribu kalori. Ia  semakin membabi-buta  makan sejak ditinggalkan oleh ibunya pada 2012 sebagai pelampiasan atas kesedihannya. Carl memang amat dekat dengan ibunya.  Sejak itu pula ia hidup seorang diri di seb